TAPE MANADO


TAPE MANADO

Tape merupakan makanan khas indonesia, yang banyak digemari oleh masyarakat bukan hanya dari kalangan bawah, namun makanan ini juga banyak digemari oleh masyarakat dari kalangan menengah maupun atas. Makanan tape berbahan dasar ubi maupun beras ketan, yang dihasilkan dari proses peragian (fermentasi). Dalam proses fermentasinya, pembuatan tape menggunakan beberapa jenis mikroorganisme, seperti Saccharomyces cerevisiae, Rhizopus oryzae, Endomycopsis burtonii, Mucor sp., Candida utilis, Saccharomycopsis fibuligera, Pediococcus sp., dan lain-lain. Makanan tape umumnya berbentuk semi cair, berasa manis keasaman, mengandung alkohol, dan memiliki tekstur lengket, dan biasanya dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut.
Sesuai dengan judul diatas “tape manado” sangat berbeda dengan tape pada umumnya, karena tape  manado berasal dari kata “kita punya” yang selanjutnya disingkat menjadi tape, tape manado bukanlah sejenis makanan, namun suatu bentuk ungkapan yang memiliki arti kepemilikan atau kepunyaan, atau suatu hubungan kekerabatan apabila di gunakan dalam masyarakat dalam berinteraksi, contohnya adalah ‘tape om, tape saudara, dan berbagai tape lainnya’. Jadi kalau kita bergaul dengan kumpulan manado, kalau mendengar kata tape jangan langsung ngiler ya..., tapi itu merupakan ungkapan khas manado yang menunjukkan kepemilikan atau suatu hubungan kekerabatan.
Tape Manado mempunyai kekuatan yang sangat kuat, karena dengan tape, berbagai permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, yang akan dibantu oleh tape tersebut, oleh karena itu bagi anda yang berkunjung di manado, jangan sungkan-sungkan untuk mencari tape. Kalau anda mau mencari oleh-oleh di Manado  jangan cari makanan tape, tapi carilah tape teman, atau tape saudara, pasti oleh-olehnya jadi banyak. Silahkan dicoba ya.... he he he he he he...


Comments